Nikon Mencoba Peruntungan dengan Kamera Modular

Kamera modular adalah sebuah kamera yang bisa di ganti komponennya, sehingga untuk mendapatkan teknologi kamera terbaru cukup di ganti komponennya saja

Nikon mencoba peruntungan dengan kamera modular – Teknologi kamera di masa depan bukan lagi sebuah teknologi yang bisa berganti sesuai dengan model dan teknologi model kamera terbaru, namun teknologi kamera di masa depan yang di butuhkan adalah fleksibilitas kamera dalam mengganti dengan komponen baru tanpa harus menganti piranti kamera secara keseluruhan . Salah satu komponen yang bisa di ganti tanpa haru membeli sebuah perangkat baru adalah sensor gambar.

Seperti di kutip dari Detik, sensor gambar ini sangat berguna untuk menciptakan gambar yang lebih baik dari seri sebelumnya, dengan adanya kemungkinan untuk bisa mengganti sensor gambar maka para pengguna kamera tidak perlu untuk membeli perangkat baru namun hanya perlu untuk mengganti modul sensor kamera, karena kegunaanya yang praktis ini maka kamera jenis ini dinamakan dengan kamera modular.

nikon kembangkan kamera modular
Dan sebagai salah satu perusahaan penghasil kamera terkemuka di dunia, Nikon menjadi salah satu yang mencoba mematenkan cara mereka dalam menerapkan sistem kamera modular pada beberapa kamera mereka. Paten atas kamera modular ini bukanlah yang pertama dalam dunia kamera karena sebelumnya Ricoh pada tahun 2009 pernah untuk mematenkan teknologi kamera buatan mereka, naun penjualan dan perkembangan kamera modular Ricoh yang memiliki nama Ricoh GXR ini kurang mendapatkan sambutan publik.

Penjualannya tidak signifikan dan jauh dari harapah, hal ini akhirnya membuat Ricoh tidak melanjutkan riset dan pengembangan kamera modular mereka. Usut punya usut kendala utama yang terjadi pada kamera modular Ricoh ini mereka menggabungkan sensor gambar dan lensa, perkembangan sensor gambar yang cepat mengharuskan pengguna juga bisa membeli lensa yang mahal sehingga memberatkan pengguna.

Berangkat dari kegagalan Ricoh itulah, Nikon dalam ide dan misi baru mengenai kamera modular mereka tidak lagi menggabungkan lensa dengan sensor gambar. Diharapkan paten dan pengembangan kamera modular terbaru edisi Nikon ini bisa lebih berkembang dan di terima pengguna. Sehingga kedepan untuk mendapatkan teknologi terbaru dalam kamera tidak perlu lagi untuk membeli kamera baru namun cukup mengganti sensor gambar yang dibutuhkan.