Tips Foto Makro Menggunakan Kamera Pocket

Foto makro adalah teknik foto dengan pengambilan objek dengan jarak sangat dekat untuk mendapatkan hasil foto yang sangat mendetail tanpa bantuan alat pembesar

Tips Foto Makro Menggunakan Kamera PocketFoto makro adalah teknik foto dengan melakukan pengambilan objek dengan jarak yang sangat dekat untuk mendapatkan hasil foto yang sangat mendetail tanpa bantuan alat pembesar optik. Foto makro biasanya memiliki rasio 1:1 antara gambar yang dihasilkan dengan ukuran objek asli. Pada umunya, fotografi makro dilakukan menggunakan kamera yang support mode makro, biasanya menggunakan kamera DSLR atau Prosumer. Namun apakah bisa fotografi makro diambil dengan hanya menggunakan kamera pocket? Ini ada dia beberapa tips yang kami lansir dari i-kamera dan Anda harus mencobanya.

Tips Foto Makro Menggunakan Kamera Pocket

 

Gunakan mode Macro

Untuk menggunakan mode makro, anda silahkan pilih mode makro yang biasanya disimbolkan dengan gambar bunga pada kamera anda. Mode ini sendiri akan melakukan fokus dengan jarak yang sangat dekat daripada biasanya. Selain itu, kamera juga akan memilih settingan bukaan aperture besar sehingga membuat objek yang berada pada titik fokus akan terlihat lebih tajam dan background akan terlihat kabur.

Setting Aperture

Jika kamera anda memiliki fitur setting aperture, hal ini bisa anda manfaatkan. Mengubah besaran aperture akan membuat foto makro yang berbeda-beda. Semakin besar nilai x maka semakin luas bidang fokus, namun sebaliknya, semakin kecil nilai x maka semakin sempit bidang fokus sehingga di luar titik fokus akan terlihat kabur.

Fokus manual

Tips selanjutnya adalah melakukan fokus manual. Settingan ini akan lebih mudah dilakukan jika dibandingkan dengan mode fokus otomatis untuk mengambil gambar makro.

Lighting yang pas

Menggunakan lampu flash saat mengambil gambar macro sebenarnya akan menghasilkan foto yang kurang maksimal dan akan terlihat keras. Selain itu, anda juga sebaiknya menghindari terik matahari secara langsung saat mengambil gambar. Cahaya pantulan dari jendela akan menghasilkan gambar yang lebih lembut.

Gunakan tripod

Tips ini akan berguna untuk menghindari berbagai guncangan saat anda mengambil gambar. Selain menghindari guncangan, Tripod juga sangat berguna untuk menghasilkan gambar yang lebih tajam.

Gunakan timer

Saat menekan tombol shutter, kamera akan mengalami goyangan meskipun sangat sedikit. Dengan fungsi ini, anda dapat menghindari goyangan pada kamera karena kamera akan membuka rana setelah tombol shutter dipencet dengan jeda waktu tertentu (biasanya 10 detik).

Tags: , cara memfoto macro dgn pakai pocket